Selasa, 25 November 2014

Tablet Nokia dan iPad Mini: Serupa Tapi Tak Sama

 
Jakarta - Nokia telah mengungkap kehadiran perangkat teranyarnya, tablet Nokia N1. Jika melihat penampakan N1 dari video resmi yang dirilis oleh Nokia, tak salah rasanya jika menyebut tablet ini sangat mirip dengan iPad Mini. Keduanya sama-sama mempunyai layar 7,9 inch dengan resolusi 2.048 x 1.536 pixel. Bahkan jika dilihat dari belakang, N1 dan iPad Mini akan terlihat seperti saudara kembar. Peletakan kamera, tombol, dan colokan headphone keduanya ada di tempat yang sama. Begitu juga dengan grill speaker yang mengapit port charger di bagian bawah tablet yang sangat mirip. Bahkan port USB yang dipakai Nokia terlihat seperti sebuah port Lightning, padahal bukan. Nokia menggunakan konektor Type-C USB yang bisa dibolak-balik. Meski terlihat sama, namun Nokia N1 ternyata lebih ringan dan tipis dibanding tablet buatan Apple tersebut. Ketebalannya hanya 6,9 mm dengan berat 318 gram. Perbedaan lainnya terletak pada tidak adanya tombol home di bagian depan tablet. Nokia N1 menggunakan prosesor Intel Atom Z3580 quad core 2,4 GHz Intel, dengan RAM 2 GB dan storage 32 GB. Kamera depan dan belakangnya beresolusi 5 megapixel dan 8 megapixel. Tablet ini akan dipasarkan di China mulai Februari nanti dengan harga sekitar USD 249 atau sekitar Rp 3 juta (USD 1 = Rp 12.000). Setelah itu Nokia akan merilis tablet ini di Rusia dan sejumlah negara Eropa lainnya.
Nokia N1 memiliki desain sisi-sisi yang membulat seperti iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Kamu juga bakal terkejut dengan siapa Nokia bekerjasama menghadirkan N1. Mereka adalah Foxconn yang merupakan rekanan utama Apple.
Material yang digunakan pun tidak berbeda, Nokia N1 bermaterialkan alumunium anodized. Menuju ke desain tombol fisik, kamera, jack headphone, dan speaker grill N1, kamu bakal tidak asing bahwa desain komponen-komponen tersebut juga mirip seperti tablet mini besutan Apple itu. Bahkan lubang konektor mikro USB type-C reversible miliknya pun mirip lightning port. Tidak lupa, Nokia N1 memiliki case mirip smartcase.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar