Selasa, 18 November 2014

Rayakan 70 tahun Logo Kangguru, Qantas Perkenalkan Pesawat Retro

Apa yang Anda kenal tentang maskapai penerbangan Australia, Qantas? Banyak dari Anda yang mungkin akan menjawab logo kanggurunya. Logo kangguru tersebut sudah menemani maskapai penerbangan yang didirikan pada tahun 1920 ini selama 70 tahun.

Untuk merayakannya, Qantas pada Senin, 17 November 2014, memperkenalkan pesawat terbarunya, Boeing 737-800, yang dirancang bergaya Qantas tahun 70-an. Aktor Hollywood John Travolta yang menjadi ikonnya.

Pada acara perkenalan pesawat ini, Travolta hadir bersama para kru kabin yang mengenakan seragam rancangan desainer Italia, Emilio Pucci. Diungkap oleh Travolta tentang kisah Qantas dan karirnya.

Menurut cerita Travolta, Qantas adalah pesawat yang digunakannya untuk perjalanan internasionalnya yang pertama. Penerbangan di tahun 1980 itu menggunakan Qantas 747SP yang warnanya sama dengan pesawat baru yang diperkenalkan.

Pesawat baru yang merupakan produksi Boeing 737 ke-75 itu akan terbang ke berbagai penjuru Australia dan akan tiba di kota Sydney pada hari Rabu, 19 November 2014. Mulai Kamis, 20 November 2014, pesawat itu akan melayani seluruh rute penerbangan domestik Australia.

Desain terbaru dari pesawat Qantas ini juga menjadi penanda usia 94 tahun maskapai itu pada bulan November 2014 ini. Mengenai pesawat itu, Gareth Evans sebagai Chief Financial Officer Qantas mengatakan bahwa desain pada pesawat baru tersebut menjadi penanda sejarah Qantas dalam dunia penerbangan global.

“Desain itu adalah desain yang kemudian menjadi familiar di mata orang-orang Australia karena pada tahun 70-an, Qantas menjadi maskapai penerbangan global. Itu adalah saat di mana perjalanan jarak jauh menjadi satu hal riil bagi masyarakat biasa Australia. Jutaan masyarakat Australia memiliki pengalaman pertamanya ke luar negri dengan Qantas berdesain seperti ini,” ucap Evans seperti dilansir dari Dailymail.co.uk, Selasa (18/11/2014).

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, pesawat Boeing tersebut haruslah mempunyai rangka ataupun bahan pelapis pesawat terbuat dari bahan yang sangat kuat. Bahan tersebut pun haruslah melewati tahap pengujian. Tahap pengujian yang dilakukan adalah salah satunya pengujian ketebalan bahan yang digunakan menggunakan Alat yang bernama Ultrasonic Thickness.

Ultrasonic Thickness bekerja mengukur ketebalan bahan yang digunakan untuk membuat rangka maupun badan pesawat terbang tersebut, agar ketika lepas landas pesawat tidak mengalami kendala/masalah yang menyebabkan kejadian seperti pesawat jatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar