Selasa, 25 November 2014

Jembatan Cinta Pulau Tidung Miring

Akibat kontur tanahnya bergeser, Jembatan Cinta yang berada di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, mengalami penurunan. Alhasil, sekitar 100 meter dari panjang jembatang 800 meter mengalami kemiringan.

Untuk mengantisipasi kemiringan yang bertambah parah, Suku Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu sudah sepekan melakukan perbaikan. Diperkirakan, perbaikan penyangga pondasi rampung pekan depan.

Jembatan Cinta di Pulau Tidung merupakan salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Setiap akhir pekan atau hari libur nasional, lokasi itu selalu dipenuhi ratusan wisatawan lokal dan luar negeri.

Kepala Suku Dinas Pekerjaan Umum Kepulauan Seribu, Hamdan, menjelaskan, kemiringan jembatan terjadi karena tanah di tujuh titik tiang penyangga mengalami pergeseran. Sisi utara jembatan sepanjang 100 meter akhirnya mengalami kemiringan.

Dikatakan Hamdan, penurunan muka tanah hingga menyebabkan kemiringan itu terjadi sejak sekitar pertengahan Oktober lalu. Selain menyebabkan kemiringan, lapisan jalan di atas jembatan juga retak-retak.

"Kemiringan itu bukan karena hantaman ombak, tetapi akibat pergeseran sendimen tanah. Nantinya, dalam sepekan ke depan akan dilakukan penguatan terhadap ketujuh tiang tersebut," kata Hamdan.

Menurut Hamdan, untuk mengantisipasi kejadian serupa, pihaknya akan melakukan penelitian struktur tanah di kawasan itu. Sedangkan untuk perbaikan, sementara yang dilakukan dengan memperkuat unsur beton tiang penyangga.

"Kami anggarkan Rp 300 juta untuk perbaikan jembatan itu. Untuk kelanjutannya kita akan lakukan penelitian. Ekstrimnya bisa saja dilakukan pembangunan ulang jembatan," tandasnya.



Seperti yang kita ketahui, selain memperhatikan struktur tanah, bahan baku seperti tiang – tiang baja atau besi juga patut diperhatikan. Salah satu cara menentukan bahan baku kerangka tiang yang berkualitas baik adalah bahan baku yang sudah teruji dengan alat yang bernama Hardness Tester. Penggunaan Hardness Tester adalah untuk menguji kekerasan rangka dari jembatan tersebut. Setelah lulus Uji maka bahan baku untuk rangka yang di gunakan pada mobil jembatan tidak akan mudah bengkok ketika dihantam angin kencang atau ombak dari laut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar