Senin, 17 November 2014

Gempa Berkekuatan 7,3 SR Kembali Dirasakan Warga Manado Sulawesi Utara

Warga Manado kembali dikagetkan dengan guncangan gempa sekitar pukul 19.04 WITA. Guncangan itu membuat warga ketakutan.

"Masih takut, karena tadi siang gempanya cukup kuat," ujar Ita yang ikut keluar dari warung kulinernya di kawasan Marina M- Walk. 

Walau belum ada rilis dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) soal kekuatan gempa, namun gempa susulan tersebut cukup membuat tenda - tenda di kawasan kuliner tersebut bergoyang. 

Tadi siang gempa berkekuatan 7,3 SR membuat ribuan warga yang berada di dalam gedung - gedung panik dan berhamburan ke luar. Banyak di antara warga bahkan hanya mengenakan handuk dan pakaian seadanya saat berusaha lari. 

Sebuah rumah permanen berlantai dua di Kelurahan Mahawu, Manado roboh. Hotel Lion juga tak luput mengalami kerusakan. Sebagian dinding lantai 7 salah satu hotel besar di Manado itu ambruk. Keretakan juga terlihat di Hotel Arya Duta yang berada di ruas Jalan Boulevard. 

Rasa waswas semakin menyelimuti warga. Pasalnya seusai gempa dan peringatan tsunami, di beberapa wilayah terjadi banjir akibat hujan yang turun sangat deras. Saat ini daerah Ring Road, Perkamil, Taas dan Liwas masih tergenang air walaupun perlahan - lahan mulai surut. Daerah Paal II juga sempat digenangi air.




Untuk mendeteksi gempa berkekuatan 7,3 Skala Richter (SR) BMKG dapat menggunakan alat yang bernama Alat Ukur Getaran atau VIBRATION TESTER. Sensor yang digunakan pada alat VIBRATION TESTER adalah Sensor Getaran. Sensor Getaran ini memegang peranan penting dalam kegiatan pemantauan sinyal getaran karena terletak di sisi depan (front end) dari suatu proses pemantauan getaran mesin.

Secara konseptual, Sensor Getaran berfungsi untuk mengubah besar sinyal getaran fisik menjadi sinyal getaran analog dalam besaran listrik dan pada umumnya berbentuk tegangan listrik. Pemakaian Sensor Getaran ini memungkinkan sinyal getaran tersebut diolah secara elektrik sehingga dapat memudahkan dalam proses manipulasi sinyal dan mendapatkan hasil data yang akurat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar