Senin, 17 November 2014

4 Ruas Tol Trans Sumatera Dibangun pada Desember

Rencana memulai pembangunan empat ruas tol Trans Sumatera tinggal menunggu lampu hijau dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).  Proyek ini merupakan warisan dari pemerintah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan sudah sangat siap digarap.

Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Kementerian PPN/Bappenas, Dedy S Priatna, mengaku di akhir kinerja Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II, SBY menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) untuk membangun empat ruas tol Trans Sumatera. Empat rute jalan bebas hambatan itu, antara lain, Medan-Binjai, Riau (Pekanbaru)-Dumai, Palembang-Indralaya, dan Bakauheuni-Terbanggi Besar.

"Tol Trans Sumatera sudah dibahas di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian sehingga diputuskan menugaskan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk membangun empat ruas itu karena nggak ada swasta yang mau," ujar Dedy di acara Media Gathering, Bandung, seperti ditulis Minggu (16/11/2014).

Dia menjelaskan, proses pembebasan lahan di empat rute tol Trans Sumatera sudah hampir rampung. Sebagai contoh, Dedy menyebut, rute Medan-Binjai dan Palembang-Indralaya."Sedangkan rute Pekanbaru-Dumai dan Bakauheni-Terbanggi Besar belum beres," tegasnya.

Walau demikian, Dedy mengaku, megaproyek tersebut akan mulai dibangun akhir tahun ini  apabila mengantongi restu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof A. Chaniago.

"Desember ini sudah bisa dimulai jika meraih restu dari Pak Jokowi dan Pak Andrinof. Kalau Pak Jokowi bilang stop saja, kita akan berhenti seperti Jembatan Selat Sunda (JSS). Tapi kalau disuruh terus, maka proyek dilanjutkan," cetus dia. 

Seperti yang kita ketahui, Tentunya pembangunan yang dibangun di sepanjang pulau sumatera ini membutuhkan berbagai macam pengujian. Sebelum pembangunan dilakukan, kondisi lahan yang digunakan dan material struktur jalan menjadi hal penting untuk dilakukan pengujian. Salah satu pengujian tersebut adalah pengujian material.

Pengujian kekuatan material yang dipakai dalam pembangunan jalan menjadi hal yang sangat penting karena material yang digunakan haruslah sesuai dengan standar yang ditentukan agar jalan tersebut tidak gampang roboh seperti jalan di Indonesia lainnya. Uji kompresi merupakan salah satu pengujian untuk mengetahui kekuatan bahan dengan compression testing machine. Material yang diujikan seperti semen, beton, batu bata dari berbagai bahan, berbagai komponen metal dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar