Selasa, 14 Oktober 2014

Apa Itu Uji Retak?

Apa yang dimaksud dengan Uji RetakUji retak adalah suatu kegiatan pengujian dimana kegiatan pengujian dilakukan padamaterial atau objek untuk mengetahui tingkat retakan yang terdapat pada objek atau material yang dilakukan pengujian, metode pengujian ini sudah banyak digunakan.

Pengujian keretakan umumnya dilakukan dengan menggunakan alat uji retak guna mengetahui tingkat keretakan mulai dari kedalaman, ketinggian, sampai kelebaran retakan pada suatuobjek pengujiannya.

Pengujian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengukur serta mengetahui tingkat retak yang terjadi pada suatu objek , lalu akan menghasilkan sebuah nilai keluaran yang nantinya akan dijadikan bahan analisa sebagai materi yang akan dipelajari untuk menemukan solusi dari pada permasalahan retakan yang terjadi pada suatu objek.

Uji retak ini sudah banyak dilakukan begitu juga dengan alat uji-nya, beberapa contoh pengujian ini telah dilakukan pada beberapa kondisi dan beberapa objek, yaitu pengujian terhadap jembatan, ruas jalan toll/jalan raya, dinding, dll.

Pengujian ini juga dapat dilakukan terhadap material seperti material Beton, Besi, Batuan, dll. Pengujian ini sudah banyak digunakan dengan tujuan maintenance (pemeliharaan) atau pun Repair (perbaikan).

Uji retak ini juga bisa menjadi kegiatan yang rutin atau berkala pada jangka waktu tertentu atau dalam jangka waktu yang telah disesuaikan. Contohnya pengujian retakan ini dilakukan berkala pada jalan toll dengan tujuan menjaga serta merawat kondisi dan kontur jalan agar tetap pada kondisi yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar