Kamis, 25 September 2014

Google Kembangkan Sendok Pintar

Google Inc. dikenal sebagai perusahaan teknologi yang besar karena mesin pencarian internet. Namun, perusahaan yang berbasis di Mountain View itu juga punya daftar panjang proyek terkait teknologi yang sedang dikembangkan di dapur kreatifnya. Mengembangkan teknologi terkait kesehatan dan kemudahan manusia merupakan salah satu keinginan besar yang disimpan Google. Sergey Brin, salah satu pendiri Google mengaku pengembangan teknologi kesehatan ialah kepentingan pribadi bagi para pendiri Google.

Demi mengembangkan teknologi kesehatan tersebut, Google mulai membeli perusahaan yang berkaitan dengan kesehatan. Misalnya saja belum lama ini perusahaan itu membeli perusahaan bioteknologi yang bernama Lift Labs. Menurut yang dilaporkan BBC, Lift Labs merupakan perusahaan teknologi kesehatan yang tengah bekerja membuat sebuah sendok yang dirancang untuk para pasien penyandang Parkinson. Sendok yang sedang dikembangkannya diberi nama Liftware.



Sebagian orang menyebutnya sebagai 'sendok pintar' karena akan menghasilkan getaran-getaran guna mengimbangi tremor pasien Parkinson. Selain itu, sendok itu juga dilengkapi dengan sensor untuk mendeteksi getaran pemegang sendok. Sebenarnya, teknologi yang dipakai untuk mendeteksi getaran di Liftware mirip dengan fitur menstabilkan gambar dalam kamera ketika tangan gemetar pada saat mengambil foto. Lift Labs sendiri nantinya bakalan bergabung dengan bagian riset Google, yaitu Google X.

Brin memang terindikasi memiliki kemungkinan menderita Parkinson. Diketahui, ibunya pernah menderita Parkinson, setelah uji coba gen yang dilakukan, pria pendiri Google yang terlihat akrab dengan wajah brewokan itu punya potensi terjangkit Parkinson. Pendiri Google lainnya, Larry Page juga punya masalah kesehatan. menderita masalah pada pita suara. Dia tertarik membuat data yang membantu memecahkan sejumlah penyakit yang paling bermasalah di dunia, sendok pintar sebagai satu dari sekian banyak cara yang mereka kembangkan.

Sendok ini juga harus melewati uji tarik permukaan sendok yang terbuat dari stainless steel, agar ketika di gengam tidak mudah bengkok/patah. Sendok ini diuji tarik dan tekan permukaannya dengan menggunakan alat UTM (Universal Testing Machine).Alat Universal Testing Machine ini menguji sendok tersebut dengan cara menarik dan menekan sendok sampai batas maksimal.

sumber : www.alatuji.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar