Kamis, 18 Desember 2014

Hujan Deras Sapa Surabaya, Waspada Pohon Tumbang

Surabaya - Hujan deras disertai angin menyebabkan beberapa pohon tumbang kembali terjadi di Surabaya. Beruntung tidak ada korban jiwa, tapi beberapa sepeda motor yang sedang diparkir tertimpa pohon.

Dari pantauan detikcom melalui handy talkie, beberapa wilayah yang mengalami pohon tumbang yakni, Tenggilis Lama, Jalan Sulawesi, Jalan Biliton dan Perempatan Jalan Pucang.

Salah satu pengendara sepeda motor, Joni Hermanto kepada detikcom, hujan deras disertai angin kencang mengguyur sekitar pukul 13.15 Wib. Saat itu, pekerja swasta itu sedang melintas di Jalan Pucang.

"Saat itu saya terkena traffic light Pucang ke arah Ngagel Selatan. Tiba tiba pohon yang didekat lampu TL roboh dan melintang menutup jalan Pucang Anom Timur ke arah Kertajaya," kata Joni, Rabu (17/12/2014).

Cuaca ekstrem ini pun dapat dilakukan perekaman datanya dengan instrument Weather Station sebagai langkah antisipasi pada periode berikutnya.

BMKG atau Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Juanda memperkirakan, intensitas hujan bertambah tinggi dalam beberapa hari ke depan. Selain itu, hujan akan disertai petir.  Prakirawan BMKG Juanda Teguh Tri Susanto menjelaskan, curah hujan sekitar 25 mm, sedangkan kecepatan angin mencapai 5-35 km/jam.

Tingginya curah hujan disertai angin kencang itu disebabkan atmosfer yang tidak stabil. Hal tersebut menunjukkan akan adanya pergantian musim. "Ini menuju ke musim pancaroba. Dari hujan ke kemarau," jelasnya. Weather station dapat melakukan pengukuran  berbagai faktor cuaca seperti intensitas hujan, suhu, kelembaban, angin dan lain sebagainya.


Sementara data yang dihimpun detikcom, di Jalan Raya Arjuno banyak kendaraan yang sedang terparkir tertimpa ranting kering yang jatuh akibat kencangnya angin. Sedangkan di kawasan Tenggilis, pohon yang tumbang yakni pohon trembesi berdiameter 40 cm menimpa kabel listrik.

Kejadian ini mendapat atensi dari asisten I Pemkot Surabaya, Yayuk Eko Aguatin yang terus memonitor melalui HT. "Ini Surya 10 (sebutan Asisten I) tolong bantuan mas (Posko Satlak PB) di Jalan Sulawesi. Ini arek-arek kewalahan," ujar Yayuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar