Kamis, 16 Oktober 2014

Jembatan Soekarno Beroperasi Tahun Depan

Kementerian Pekerjaan Umum menargetkan Jembatan Soekarno di Manado, Sulawesi Utara, sudah bisa digunakan mulai tahun depan. "Pada akhir tahun ini jembatan sudah tersambung, tapi belum bisa digunakan," kata Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 15 Oktober 2014.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XI Direktorat Jenderal Bina Marga Johny Wenur mengatakan pekerjaan yang dilaksanakan saat ini tersisa empat segmen. Setiap segmen membutuhkan waktu sekitar satu bulan. Dia optimistis pekerjaan tersebut bakal kelar seluruhnya pada akhir tahun ini. "Dari keseluruhan 11 segmen, sudah dilaksanakan 7 segmen. Saat ini segmen 8 sedang berjalan," kata Johny

Pengerjaan Jembatan Soekarno terdiri dari 2 sistem kontrak. Pertama adalah kontrak tahunan yang dilaksanakan 2003-2005. Sedangkan pada 2006, tidak ada pekerjaan jembatan karena saat itu dilaksanakan pelelangan dan perizinan untuk dilakukan kontrak tahun jamak. "Pekerjaan mulai efektif kembali pada 2008. Namun terjadi review desain dan 2014 ada tambahan dana sekitar Rp 66,9 miliar," kata Johny.


Jembatan Soekarno berlokasi di atas Sungai Tondano dan Pelabuhan Manado. Jembatan ini adalah bagian dari Manado Outer Ring Road (MORR) dan akan menghubungkan Boulevard I, Boulevard II, dan by pass Manado.

Seperti article sebelumya yang juga membahas tentang jembatan soekarno. Jembatan semegah ini juga wajib diuji terlebih dahulu dari mulai kontruksi sampai ketahanannya. Dalam hal ini pengujian seperti material beton dan baja dapat dilakukan dengan concrete testing gauge. Concrete = beton dan Gauge = pengukuran atau alat uji maka concrete testing gauge adalah alat uji untuk mengukur beton, baik kekuatan, keretakan, maupun lokasi material di dalam beton.

Uji getar pun dibutuhkan dalam pengujian struktur jembatan Selat Sunda tersebut. Pengujian getaran tersebut dapat dilakukan dengan vibration meter untuk mengetahui nilai getaran serta untuk menghindari kesalahan – kesalahan dalam pengujian struktur jembatan
.

Tentunya pengujian beton dan pengujian getaran seperti ini sangat diperlukan agar ketahanan dari jembatan tersebut tahan lama dan tidak mudah roboh seperti jembatan lainnya.  Karena pembangunan jembatan ini sangat diperlukan untuk penghubung dua pulau sehingga pembangunan ekonomi Indonesia dapat berkembang secara cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar