Selasa, 14 Oktober 2014

Pembuatan Tol Manado-Bitung Dimulai

Pembangunan jalan Tol Manado-Bitung resmi dimulai, setelah Menteri Koordinator Perekonomian Chairul Tanjung melakukan peletakan batu pertama pembangunan jalan Tol Manado-Bitung bersama dengan Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto. Chaerul Tanjung mengatakan pembangunan jalan tol itu ditunggu-tunggu masyarakat Manado karena menghubungkan Kota Manado dan pusat pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung.

"Jalan tol ada, maka kawasan ekonomi Bitung dengan kota bisa ditempuh lebih cepat sehingga cost logistic juga ditekan dan kita harapkan Manado bisa menjadi pusat pertumbuhan baru kawasan Asia Pasifik," kata Chairul dalam keterangan tertulis.

Dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011-2025, Pelabuhan Bitung merupakan alternatif pelabuhan internasional dan pusat industri serta bagian dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung. 


Menteri Djoko Kirmanto menuturkan pembangunan ruas jalan Tol Manado-Bitung dengan panjang 39 km terbagi menjadi dua segmen. Segmen pertama, Manado Ring Road-Airmadidi (12,5 km) dan segmen kedua (Airmadidi-Bitung sepanjang 25,5 km). Konstruksi untuk kedua segmen tersebut direncanakan 2x2 lajur dengan kecepatan rencana 80 km/jam. "Dukungan pemerintah tersebut diberikan dalam bentuk pengadaan tanah untuk seluruh jalan tol dan konstruksi segmen I dan sebagian kecil segmen II," kata Djoko.

Pembangunan segmen I diawali dengan pembangunan seksi I sepanjang 600 meter yang sudah terkontrak pada 16 September 2014 dengan nilai Rp 44,46 miliar dan siap dilaksanakan pembangunannya. Djoko berharap aset pemerintah yang baru diresmikan tersebut dapat dikelola, dimanfaatkan, dan dipelihara sebaik-baiknya agar kemanfaatannya dapat berkesinambungan. 

Tentunya perencanaan pembangunan yang dibangun di atas permukaan tanah membutuhkan berbagai macam pengujian. Sebelum pembangunan dilakukan, material struktur jalan menjadi hal penting untuk dilakukan pengujian.


Pengujian kekuatan material yang dipakai dalam pembangunan jalan menjadi hal yang sangat penting karena material yang digunakan haruslah sesuai dengan standar yang ditentukan agar jalan tersebut tidak gampang roboh seperti jalan di Indonesia lainnya. Uji kompresi merupakan salah satu pengujian untuk mengetahui kekuatan bahan dengan compression testing machine. Material yang diujikan seperti semen, beton, batu bata dari berbagai bahan, berbagai komponen metal dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar