Senin, 13 Oktober 2014

Jalan Tol Mojokerto-Kertasono Diresmikan Besok

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto akan meresmikan Jalan Tol Mojokerto-Kertosono Seksi I sebagai proyek nasional Tol Trans-Jawa dengan total jarak 40,5 kilometer pada Senin, 13 Oktober 2014. Pembangunan jalan tol ini merupakan solusi bagi kepadatan arus lalu lintas dari Jombang menuju Kertosono dan Ploso serta sebaliknya.

"Targetnya, seksi I dapat mulai beroperasi sebelum akhir 2014. Kesiapan seksi I awal dari kesiapan jalan tol yang menghubungkan Bandarkedungmulyo-Jombang," ujar Presiden Direktur PT Marga Harjaya Infrastruktur Wiwiek D. Santoso dalam keterangan tertulis, Ahad, 12 Oktober 2014.

Dia mengatakan ruas tol seksi 1 ini dibangun dengan perkerasan beton baik pada lajur utama maupun bahu jalan. Ruas tol ini akan dijadikan tiga lajur, sehingga median jalan sebagian besar seksi ini sangat lebar. "Gerbang sisi barat disebut Gerbang Bandar, berada di Kecamatan Bandarkedungmulyo, sedangkan gerbang sisi timur yang disebut Gerbang Jombang berada di Tembelang," ujarnya.

PT Marga Jarjaya Infrastruktur sebagai badan usaha jalan tol pemegang hak konsesi ruas tol ini merupakan bagian dari grup Astra International, yakni PT Astratel Nusantara, yang bergerak di bidang infrastruktur dan logistik.


Direktur PT Astra International Tbk Paulus Bambang Widjanarko mengatakan Astra membangun tol ini dengan sangat serius karena ingin menjadikannya sebagai salah satu tol terbaik di Indonesia. "Desain gerbang dan kantornya dibuat dengan memperhatikan budaya setempat, namun dalam nuansa modern. Sirip-sirip pada atap menyerupai susunan batu pada candi-candi di Jawa Timur," kata Paulus.

PT Astra International Tbk melalui PT Marga Mandala Sakti sebelumnya mengoperasikan jalan tol untuk ruas Tangerang-Merak sepanjang 72,5 kilometer.

Tentunya perencanaan pembangunan yang dibangun di atas permukaan tanah membutuhkan berbagai macam pengujian. Sebelum pembangunan dilakukan, material struktur jalan menjadi hal penting untuk dilakukan pengujian. Pengujian tersebut meliputi :

Kekuatan material


Pengujian kekuatan material yang dipakai dalam pembangunan jalan menjadi hal yang sangat penting karena material yang digunakan haruslah sesuai dengan standar yang ditentukan agar jalan tersebut tidak gampang roboh seperti jalan di Indonesia lainnya. Uji kompresi merupakan salah satu pengujian untuk mengetahui kekuatan bahan dengan compression testing machine. Material yang diujikan seperti semen, beton, batu bata dari berbagai bahan, berbagai komponen metal dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar