Selasa, 28 Oktober 2014

Ditemukan Koin Emas Romawi, Terjual Hingga Rp 9,4 Miliar

Fantastis, sebuah koin kuno dari zaman Romawi terjual dengan harga 480 ribu poundsterling atau sekitar Rp 9,4 miliar. Uang logam emas yang dilelang itu disebutkan berusia lebih dari 2.000 tahun, yang dicetak pada masa pemerintahan Gaius Julius Caesar Augustus.

Koin emas yang dinamakan Aureus itu dicetak antara tahun 27 SM hingga 18 SM. Salah satu sisi koin memiliki potret Augustus yang digambarkan sebagai Dewa Apollo. Sisi lainnya terdapat gambar sapi -- yang didasarkan pada karya lama pematung Yunani yang telah lama hilang.

Koin yang masih awet itu adalah bukti kekuatan dan kecerdasan orang-orang zaman dahulu yang mendirikan Kekaisaran Romawi dan telah meletakkan dasar-dasar sebuah rezim yang telah berlangsung selama berabad-abad. Istimewanya, hanya ada 22 koin Aereus yang berhasil ditemukan, 15 di antaranya kini dipamerkan di museum. Sedangkan 7 koin lainnya telah menjadi milik kolektor.

Ketertarikan terhadap koin antik yang dilego di balai lelang London, juga tawaran harga yang makin naik, melewati perkiraan yang sebelumnya 'hanya' diprediksi laku 300.000 poundsterling atau Rp 5,8 miliar. Namun, palu lelang diketuk pada harga Rp 9,4 miliar. Hal ini menjadikan koin tersebut sebagai salah satu Koin Romawi paling mahal di dunia. Juru lelang, Dix Noonan Webb pun menggambarkan koin itu sebagai sesuatu yang luar biasa.

"Tidak hanya menjadi jenis koin yang unik karena jarang ditemukan, namun kondisinya yang lebih dari 2000 tahun itu masih sangat halus dan terawat. Koin itu adalah sebuah karya seni yang indah," kata dia seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (24/9/2014). Pada 27 BC, keponakan Julius Caesar, Octavian mulai mendirikan kerajaan -- tahap pertama dari Kekaisaran Romawi. Ia kemudian mengambil nama Augustus, yang memiliki arti 'agung' atau 'terhormat', dan mulai menandai kekuasaanya di Roma dan wilayah lainnya.

 Selain para Arkeolog yang sebagian besar menemukan koin tersebut, kita para rakyat biasa pun mempunyai kesempatan menemukan salah satu dari koin kuno tersebut. Ada sebuah alat yang dapat mendeteksi logam dan emas yaitu Under Ground Metal Detector.

Under ground metal detectortersebut menggunakan medan elektromagnetik untuk mendeteksi keberadaan benda logam tersembunyi.

Metal Detector yang digunakan di pos pemeriksaan keamanan untuk mendeteksi senjata logam, tetapi mereka tidak dapat mendeteksi senjata yang terbuat dari plastik atau keramik. Alat tersebut digunakan juga untuk menemukan emas dan koin di dalam tanah, dan juga dapat menemukan ranjau darat.

1 komentar:

  1. Wow! it is very effective for website or blog thank you for sharing under ground metal detector properties. agtech.com.pk

    BalasHapus