Senin, 27 Oktober 2014

Menteri PU Yang Baru Dilantik Akan Berfokus Bangun Bendungan

Calon Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, mengatakan fokus kementeriannya kelak adalah pembangunan bendungan dan perbaikan sistem irigasi. "Sesuai dengan program Nawa Cita, program bendungan dan irigasi untuk ketahanan pangan," katanya di Istana Negara, Ahad, 26 Oktober 2014. 

Ia mengaku pertama kali dipanggil ke Istana oleh Jokowi pada hari Senin, 20 Oktober, setelah pelantikan. "Saat itu diajakngobrol soal bendungan, irigasi. Tidak ada meminta jadi menteri," katanya. Sebelumnya, Basuki merupakan Direktur Jenderal Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum.
Basuki diundang untuk minum teh di Istana kemarin malam. Ia mengaku ditelepon oleh staf dari Istana. Kemarin malam, ia diberi tahu untuk datang ke Istana menghadiri acara minum teh mengenakan kemeja putih. "Baju putihnya dikasih, lalu tadi saya ambil di Istana sekitar jam 9 pagi," katanya. 

Sore ini, Jokowi akan memperkenalkan para calon menterinya di halaman Istana Merdeka dalam sebuah acara minum teh. Beberapa calon menteri yang sudah hadir di Istana adalah calon Menteri Perindustrian Saleh Husin, Basuki Hadimuljono, dan calon Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo.

Untuk Membuat bendungan memang memakan biaya yang mahal bahkan hingga miliaran rupiah. Tetapi demi untuk perbaikan sistem irigasi di indonesia agar menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Bendungan atau dam adalah konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air menjadi waduk, danau, atau tempat rekreasi. Seringkali bendungan juga digunakan untuk mengalirkan air ke sebuahPembangkit Listrik Tenaga Air. Kebanyakan dam juga memiliki bagian yang disebut pintu air untuk membuang air yang tidak diinginkan secara bertahap atau berkelanjutan.

Untuk perencanaan/Membuat Bendungan atau dam ini wajib diuji terlebih dahulu dari mulai kontruksi sampai ketahanannya. Dalam hal ini pengujian seperti material beton dan baja dapat dilakukan dengan concrete testing gauge. Concrete = beton dan Gauge = pengukuran atau alat uji maka concrete testing gauge adalah alat uji untuk mengukur beton, baik kekuatan, keretakan, maupun lokasi material di dalam beton.


Tentunya pengujian beton dan pengujian getaran seperti ini sangat diperlukan agar ketahanan dari Bendungan tersebut tahan lama dan tidak mudah roboh,  Karena pembangunan Bendungan ini sangat diperlukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar