Jumat, 05 Desember 2014

Bridgestone Uji Coba Ban Ecopia Sejauh 1.687 Km

Jakarta -Ban Ecopia diklaim Bridgestone merupakan ban terbaik tanpa kompromi dan paling ramah lingkungan yang diproduksi untuk konsumen Indonesia yang menginginkan konsumsi bahan bakar yang hemat. Untuk membuktikan itu semua, PT Bridgestone Tire Indonesia (BSI) melakukan pengujian ban Ecopia.

Kali ini Bridgestone mengadakan program yang bernama "Ecopia Go Indonesia". Program ini bertujuan untuk memperkuat popularitas nilai tambah dan keuntungan ban Ecopia kepada seluruh konsumen Indonesia. Sekaligus dalam waktu bersamaan, program ini ingin menjawab pertanyaan seberapa banyak bahan bakar yang dapat dihemat dengan menggunakan ban Ecopia tersebut?

Dalam pengujiannnya, Bridgestone menyediakan tim yang beranggotakan pengemudi profesional, di mana mereka akan mengelilingi pulau Jawa selama 9 hari dan menempuh jarak total sekitar 1.687 Km dengan menggunakan 3 mobil dengan kondisi yang sama dan menggunakan 3 jenis ban berbeda termasuk dari kompetitor.

Start akan dilakukan dari fasilitas Proving Ground (PG) Bridgestone pada tanggal 12 September dan akan berakhir pada tanggal 20 September ditempat yang sama.

Dalam perjalanan uji cobanya ini, tim akan mengunjungi 7 kota besar, yaitu Bandung, Purwokerto, Yogyakarta, Madiun, Surabaya, Semarang, dan Cirebon. Di setiap kota tersebut, tim akan bertemu langsung dengan konsumen lokal beserta para diler untuk menunjukan secara langsung data performa ban Ecopia dalam hal penghematan bahan bakar.

Beberapa elemen akan dimonitoring selama uji coba tersebut. Pemakaian bahan bakar, tekanan angin pada ban dan jarak tempuh yang sudah dilalui. Alat pengukur standar internasional akan digunakan untuk melakukan tes uji coba tersebut seperti pencatat konsumsi bahan bakar, aplikasi GPS Tracker untuk mencatat jarak tempuh sekaligus kecepatan kendaraan dan botol pengukur konsumsi bahan bakar. Dan, semua bentuk alat pengujian tersebut bertujuan untuk mendapatkan hasil yang dapat dipercaya dalam proses pengujian ban tersebut.

"Kami sangat antusias terhadap penyelenggaraan program “Ecopia Go Indonesia kali ini. Hasil tes tersebut nanti diharapkan dapat membuktikan bahwa ban Ecopia merupakan pilihan terbaik bagi konsumen di Indonesia yang menginginkan ban hemat bakar dan menikmati usia pemakaian ban yang lebih lama," beber Sales and Marketing Director of PT Bridgestone Tire Indonesia Yasuhiro Ukegawa dalam keterangan resminya.

"Pengujian ini juga akan fokus pada penguatan citra ban Ecopia yang hemat bahan bakar karena hasil akhir pengetesan akan menunjukan data yang tingkat akurasinya tinggi terhadap bagaimana Ecopia bisa berkontribusi untuk menghemat bahan bakar," timpalnya.

Dalam mencapai standarisasi yang telah ditetapkan sangat diperlukan pengujian dengan tahap-tahap yang telah ditentukan seperti pengujian tarik material (pulling power), pengujian tekanan material (kompresi),analisa pengujian beban torsidll. Pengujian standarisasi kualitas karet ini dapat menggunakan alat uji pendukung yaitu Rubber Hardness Tester.

Rubber Hardness Tester adalah sebuah alat pengujian karet, plastik dan material lainnya yang serupa guna mendukung suatu industri memenuhi kebutuhan standarisasi yang ditentukan, alat ini juga memiliki berbagai model dengan berbagai fungsi dan varian dalam pengukuran yang berbeda berdasarkan materialnya.

Program ini menggunakan ban Ecopia EP150. Ban Bridgestone Ecopia EP150 memiliki desain dan konstruksi canggih yang mampu mengurangi hambatan gulir (rolling resistance) sehingga lebih hemat bahan bakar, dengan tetap memperhatikan parameter performa dan keselamatan lain seperti pengendalian saat kondisi basah dan kering, stabilitas, kemampuan pengereman dan tingkat kebisingan ban yang rendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar