Selasa, 18 November 2014

Lebih Mengenal Weather Station

 
Weather station adalah sebuah alat  uji pengamatan cuaca dengan perangakat-perangkat alat pengujian  ini. Peralatan pengujian ini berguna mengamati kondisi atmosfer bumi untuk memberikan informasi prakiraan cuaca pada suatu wilayah tertentu berdasarkan ruang lingkup tertentu, alat ini juga berguna untuk mempelajari cuaca dan iklim suatu wilayah.


Pengamatan dengan menggunakan weather station ini ditekankan pada tekanan udara, suhu, kelembaban, kecepatan angin, arah angin, curah hujan, radiasi, dan tingkat kebasahan atmosfer. Pengamatan ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi suatu wilayah tertentu seperti halnya pada dunia indistri terhadap proses perindustrian dan transportasinya.


Weather station atau biasa kita kenal akrab dengan alat pengamat cuaca, kegiatan pengamatan cuaca iini dapat dilakukan secara manual atau pun otomatis. Dalam kegiatannya pengamatan manual setidaknya dilakukan satu hari sekali untuk melaporkan keadaan cuaca pada hari itu juga.

Untuk kegiatan pengamatan cuaca pada sistem otomatis kegiatan pengamatan dilakukan selama 1 jam untuk menentukan data result dan perbandingan dalam satu hari pengamatan pada hari itu.


Alat pengujian weather station ini sangat membantu kegiatan pengamatan cuaca pada suatu wilayah tertentu atau bisa juga dipergunakan untuk melakukan inspeksi wilayah untuk memenuhi kebutuhan perindustrian atau kebutuhan penelitian lainnya.


Weather station merupakan perkembangan teknologi informasi, dengan adanya teknologi canggih seperti ini makan akan sangat membantu kegiatan pengamatan maupun kegiatan penelitian menjadi lebih mudah dan lebih terpantau secara significant.


Pengamatan yang dilakukan berdasarkan data result berkala berdasarkan waktu yang telah ditentukan akan membantu kegiatan pengamatan dalam mencapai data pra perkiraan dan perbandingan data dengan perubahan data yang telah kita dapatkan.


Informasi mengenai cuaca pada jaman sekarang ini sudah menjadi sebuah kebutuhan, dikarenakan cuaca merupakan faktor yang dapat menentukan sesuatu menjadi  baik atau tidak. Contohnya pada dunia industri pada sector transportasinya, kegiatan transportasi akan lebih cepat sampai pada tujuannya apabila kondisi jalan kering dan tidak turun hujan atau berbagai macam kondisi cuaca lainnya yang belum dapat dipredeiksi sebelumnya. Apabila kondisi wilayah yang dilalui hujan dan mengakibatkan kegiatan transportasi akan terlambat sampai tujuannya.


Prediksi cuaca berdasarkan pengamatan akan sangat membantu kegiatan industri yang satu ini, jadi bia kondisi cuaca yang tidak memungkinkan sedang terjadi makan pihak industri itu sendiri dapat mencari cara atau solusi lainnya agar berjalan sebagaimana mestinya kegiatan industri itu berlangsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar