Kamis, 27 November 2014

Krakatau Steel Kini Memproduksi Pipa Baja

PT Krakatau Steel resmi memiliki pabrik pipa baja. Melalui anak usahanya PT KHI Pipe Industry, Krakatau Steel bisa memproduksi pipa untuk kepentingan sektor migas.

"PT KHI jadi perusahaan yang memproduksi pipa paling besar di Indonesia," ujar Direktur Utama PT Krakatau Steel Irfan Hakim, di pabrik Krakatau Steel.

Sebagai pelanggan pertama, Pertamina Hulu Energi sudah memesan pipa sebanyak 2.700 ton pipa. Targetnya PT KHI Pipe Industry harus menyelesaikan tugas dari PHE pada pertengahan bulan Desember. "Begitu selesai dapat order dari PHE oil and gas, saat ini baru 40 persen," kata Irfan.

Irfan menjelaskan, investasi pembangunan PT KHI sebesar Rp 350 miliar. Pabrik ini memilki kapasitas produksi 115.000 ton setiap tahun. Satu gulungan pipa beratnya bisa mencapai 15 sampai 17 ton.

"Kapasitas produksi keseluruhan untuk pipa baja PT KHI berjumlah 220.000 ton per tahun," ujar Irfan.


Seperti yang kita ketahui PT KHI adalah perusaan yang memproduksi pipa – pipa baja terbesar di Indonesia. Sebagai perusahaan pembuat pipa baja terbesar di indonesia tentunya perusahaa tersebut harus memperhatikan bahan baja dan ketebalan baja yang digunakan untuk pembuatan pipa tersebut.

Untuk itu pipa baja buatan PT KHI haruslah melewati tahapan pengujian untuk menentukan kualitas bahan yang digunakan untuk pembuatan pipa tersebut. Salah satu pengujian yang dilakukan adalah pengujian ketebalan pipa baja. Ketebalan pipa baja diuji dengan menggunakan alat yang bernama Ultrasonic Thickness Gauge, Ultrasonic Thickness Gauge adalah alat yang digunakan untuk menguji atau mengukur ketebalan semua material seperti pipa, baja, kaca dan lain lain. penngukuran terhadap pipa baja bertujuan agar tidak terjadi kebocoran ataupun masalah lainnya yang terjadi pada pipa tersebut.


Setelah melewati serangkaian pengujian terhadap pipa baja tersebut, dapat dipastikan bahwa pipa pipa baja buatan PT KHI ini sudah lulus uji dan juga menggunakan bahan baku yang berkualitas terbaik. Diharapkan kedepannya PT KHI ini tidak hanya menjadi perusahaan terbaik di Indonesia melainkan terbaik di Dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar