Kamis, 06 November 2014

JALAN DI TANAH ABANG AMBLAS SELUAS 2 METER

Jalan di depan makam Karet Bivak, Tanah Abang, Jakarta Pusat, tiba-tiba ambles. Jalan yang amblas selebar lebih dari 2 setengah meter itu mengejutkan pengguna jalan.  "Jalan amblas di perempatan TPU Karet Bivak menuju Hotel Shangrila," tulis petugas TMC Polda Metro Jaya di akun twitter @TMCPoldaMetro.

Agar tidak memakan korban jiwa, aparat Polsek Tanah Abang langsung memasang garis yang dibatasi tanda kerucut. Akibatnya badan jalan semakin sempit dan pengendara harus berhati-hati agar tidak terperosok ke dalamnya. Lubang menganga yang semula hanya selebar 1 meter itu dalam sekejap melebar hingga 2 meter.

Keretakan juga terlihat di sekitar jalan yang ambles. Karena tidak adanya beton penahan di bawah aspal tersebut itu juga memungkinkan terjadinya jalan tersebut amblas karena beban yang melewati jalan tersebut terlalu berat dan juga kualitas tanah yang kurang baik pada daerah tersebut.

Hal lain yang dapat mempengaruhi amblasnya jalan tersebut mungkin karna pengujian pada jalan tersebut kurang teliti atau alat untuk pengujian kurang memadai.

Pengujian kekuatan material yang dipakai dalam pembangunan jalan menjadi hal yang sangat penting karena material yang digunakan haruslah sesuai dengan standar yang ditentukan agar jalan tersebut tidak gampang amblas seperti jalan di Indonesia lainnya.

Uji kompresi merupakan salah satu pengujian untuk mengetahui kekuatan bahan dengan compression testing machine. Material yang diujikan seperti semen, beton, aspal, batu bata dari berbagai bahan, berbagai komponen metal dan lain-lain.

Tahap Pengujian Jalan ini dari mulai kontruksi sampai ketahanannya. Dalam hal ini pengujian seperti material beton dapat dilakukan dengan concrete testing gauge. Concrete = beton dan Gauge = pengukuran atau alat uji maka concrete testing gauge adalah alat uji untuk mengukur beton, baik kekuatan, keretakan, maupun lokasi material di dalam beton. 


Dengan adanya pengujian seperti ini tidak hanya jalan di kawasan koja saja. Bahkan jalan-jalan di indonesia pun jikalau sudah melewati tahap pengujian tidak akan mengalami masalah. Kecuali jika rusaknya jalan tersebut disebabkan oleh Alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar