Rabu, 19 November 2014

Irit BBM, Honda Singkap Mobil Berbahan Bakar Hidrogen

Honda resmi memperkenalkan FC-V Concept untuk menandingi mobil berbahan bakar hidrogen keluaran Toyota. Mobil ini rencananya akan diperkenalkan dalam versi produksi pada Maret 2016.

"Honda melihat hidrogen sangat potensial menjadi energi masa depan yang bisa didapatkan dari berbagai sumber daya. Selain itu hidrogen juga sangat portable dan mudah disimpan," jelas pabrikan berlogo "H" melalui keterangan resminya.

Dikatakan, Honda FC-V Concpet memiliki kapasitas tangki tekanan 70 MPa yang mampu menyuplai sumber tenaga untuk berkendaran sejauh 700 kilometer.

Kemudian, untuk mengisi tangki hidrogen hingga penuh hanya memerlukan waktu selama 3 menit. Lama waktu pengisian tersebut diklaim setara ketika mengisi penuh tangki bahan bakar mobil pada umumnya.

Lebih jauh, pabrikan menuturkan bahwa mobil bakal dibekali fungsi pembangkit listrik
mobile yang bisa menghasilkan dan mendistribusikan kebutuhan listrik. Dengan begitu, mobil ini dijanjikan bisa dihandalkan ketika dalam kondisi bencana atau darurat.


Seperti yang kita ketahui, pada pembuatan tangki mobil berbahan bakar hidrogen tersebut haraslah lulus uji kekuatannya. Selain pengujian pada bahan baku pembuatan tangki bahan bakar hidrogen, mobil ini juga harus melewati tahap pengujian pada bahan baku pembuatan mesih mobil, diantaranya mobil ini harus mengikuti pengujian untuk daya tahan mesin mobil. Sehingga dalam keadaan apapun mesin mobil tetap stabil.

Bahan baku dari pembuatan mesin mobil tersebut harus melalui tahap pengujian terlebih dahulu menggunakan Universal Testing Machine atau  UTMUji tarik adalah pengujian yang wajib dilakukan pada bahan baku mesin. Fungsi  Uji tarik pada bahan baku mesin mobil ini berguna untuk mengukur sejauh mana kekuatan mesin dengan menggunakan alat pengujian UTM atau Universal Testing Machine.

Karena mesin tersebut menggunakan bahan bakar hidogen maka ketika dipergunakan akan berada dalam berbagai macam keadaan seperti panas mesin ataupun dalam keadaan dingin karena terkena air. Mesin yang tidak melalui pengujian tarik maka akan cepat rusak.


Setelah melewati tahap pengujian, mobil FC-V produksi Honda ini akan jadi mobil bahan bakar hidrogen yang irit BBM dan ramah lingkungan dan sudah teruji kualitas tangki bahan bakar dan mesinnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar